Jumat, 02 Agustus 2013

Orat-oret ; Google doodles Versi Bahasa Indonesai

Orat-oret ; Google Doodles Versi Bahasa Indonesia. Desain sederhana yang diaplikasikan pada beranda google berupa bidang putih bersih seringkali dihiasi dengan gambar maupun animasi unik. Hiasan yang disebut google doodles itu dibuat oleh google untuk merayakan hari liburan, hari ulang tahun artis, ilmuwan dan pesohor lahir serta hari kemerdekaan suatu negara.

Laman beranda Google Indonesia menyebut google doodles dengan sebutan Orat-oret. Menurut  Kamus Besar bahasa Indonesia (KBBI), Orat-oret berarti coret-coret; tulisan tidak beraturan (dengan cat dan sebagainya). Secara makna, orat-oret dan doodles mempunyai kesamaan, dalam bahasa Indonesia doodles diartikan gambar yang tak berarti.


Kenapa google memilih doodles dan Orat-oret sebagai nama hiasan tersebut, padahal maksud hari perayaan yang ditampilkan di doodles sangatlah berarti, misalnya hari kemerdekaan dan hari lahir seorang ilmuwan. Betapa berartinya momentum tersebut. Kenapa google tidak memakai kata-kata yang lebih serius untuk menggambarkan pentingnya perayaan atau momentum yang dirayakan doodles itu.












Tidak ada komentar: