Rabu, 21 Februari 2018

17 Perbedaan Mendasar Antara Manajer Dan Pemimpin



17 Perbedaan Mendasar Antara Manajer dan Leader

Sering kita memakai dua sebutan untuk satu posisi secara bergantian, padahal dua sebutan tersebut berbeda arti. Misalnya antara Manajer dan Pemimpin, dua posisi tersebut sangatlah berbeda arti, tugas maupun prinsip pekerjaannya.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), pemimpin diartikan ; memegang tangan seseorang sambil berjalan (untuk menuntun, menunjukkan jalan, dan sebagainya), memandu, membimbing, melatih (mendidik, mengajari dan sebagainya) supaya dapat mengerjakan sendiri).

Sementara manajer diartikan ; orang yang mengatur pekerjaan atau kerja sama di antara berbagai kelompok atau sejumlah orang untuk mencapai sasaran, orang yang berwenang dan bertanggung jawab membuat rencana, mengatur, memimpin, dan mengendalikan pelaksanaannya untuk mencapai sasaran tertentu

Seorang pemimpin hebat belum tentu bisa menjadi manajer hebat, begitu juga sebaliknya, seorang manajer hebat belum tentu bisa menjadi pemimpin yang hebat. Berikut adalah infografis yang membedakan antara pemimpin dan manajer :




Sumber Infografis : RM

Tidak ada komentar: