Jumat, 09 Maret 2018

Cara Kerja Senapan Laras Panjang AK 47.



Senapan AK-47 atau juga dikenal dengan nama Avtomat Kalashnikov adalah senapan serbu yang dirancang oleh Maikhail Kalashnikov pada tahun 1944 – 1948 dan diproduksi oleh perusahaan Kalashnikov concern dan Norinco, senapan ini masih diproduksi hingga kini.



Senapan ini menggunakan mekanisme operasi gas dan memiliki ukuran magasin peluru  7,62 mm X 39 mm dengan jarak tembakan efektif sejauh 350 m. Senapan ini memiliki bagian diantaranya ; picu, receiver, megasin, laras, tuas pengokang, ruang peledakan, ejektor, popor dan bidikan.

Bagaimana cara kerja senapan ini dalam memuntahkan peluru?. Video dibawah akan menunjukkan mekanisme senapan dalam menembakkan peluru.



Pekerjaan desain senapan ini dimulai pada tahun 1945. Pada tahun 1946, AK 47 diperkenalkan untuk kepentingan militer, dan pada tahun 1948 senapan ini mulai diproduksi sebagai bagian dari sistem persenjataan bagi militer Rusia. Versi pertama dari senapan ini adalah versi AKS, kemudian pada tahun 1949 mulai diperkenalkan versi AK-47 dan langsung dipakai untuk pasukan Rusia dan juga digunakan oleh sebagaian besar pasukan yang tergabung dalam Pakta Warsawa.

Setelah 7 dekade, varian dan model senapan AK-47 merupakan senapan yang paling banyak digunakan dari pada senapan produksi negara barat, hal itu dikarenakan senapan ini memilik desain yang sederhana dengan sistem full-otomatis yang bisa diproduksi secara cepat dan murah.

Tidak ada komentar: