Kamis, 08 Maret 2018

Bagaimana Cara Google Maps Mengetahui Kondisi Lalu Lintas ???!

" Terjadi kecelakaan di palang pintu kereta api dekat stasiun Bandar Khalipah,
tabrakan antara mobil angkutan umum dan sepeda motor ini mengakibatkan antrian panjang kendaraan yang hendak melintasi lintasan kereta api sehingga menyebabkan
kemacetan panjang hingga simpang jodoh "



Kejadian-kejadian kecelakaan seperti ilustrasi diatas sering terjadi di sepanjang jalan di seluruh dunia, tidak hanya di Indonesia saja. Kendala kemacetan dapat diakibatkan oleh adanya kecelakaan, banjir, ketidak sabaran dan ketidak sadaran terhadap etika berlalu lintas. 


Informasi-informasi tentang kemacetan dan kejadian di jalan raya sudah semakin mudah didapatkan secara real time, baik itu melului media radio maupun dari media sosial. Bahkan beberapa aplikasi android mengkhususkan diri dalam penyediaan informasi kondisi lalu lintas secara real time, salah satunya adalah fitur Google traffic dari aplikasi Google Maps.



Google Traffic adalah salah satu fitur yang tersedia di aplikasi Google Maps, fitur ini menampilkan kondisi lalu lintas secara real time di sebagian besar negara di segala penjuru dunia. Google traffic dapat dilihat di website Google Maps maupun di aplikasi Google Maps versi android.

Google Traffic bekerja dengan menganalisa sistem GPS dari handphone android yang dibawa oleh pengendara. Data GPS tersebut ditransmisikan ke server Google Maps untuk diolah dan disinkronkan dengan data-data pendukung lain. Ketika kita berkendara dan membawa handphone android yang akses lokasi GPS sudah aktif, maka secara otomatis data kecepatan kendaraan kita akan dikirim ke server Google Maps.

Bila mana terjadi kepadatan di suatu jalan yang membuat kecepatan kendaraan berkurang atau bahkan kendaraan berhenti, maka server Google Maps akan menerima informasi data bahwa kecepatan kendaraan mengalami penurunan atau bahkan cenderung berhenti, sehingga pengolah data di server Google Maps menyimpulkan bahwa di daerah tersebut mengalami kemacetan. Informasi kemacetan tersebut juga dilengkapi dengan data dan informasi yang dikirimkan oleh netizen melalui aplikasi Waze yang kita ketahui telah diakuisisi oleh Google. Aplikasi Waze memungkinkan pengguna mengirimkan info grafis berupa foto kondisi kemacetan atau bahkan foto kecelakaan yang sedang terjadi di jalan.

Sepeti itulah sistem dan cara yang digunakan Google Maps untuk mengumpulkan informasi kondisi lalu lintas jalan raya, sehingga kita dapat menggunakan informasi tersebut untuk kepentingan kelancaran berkendara.

Tidak ada komentar: