Kamis, 25 Juli 2013

Rosalind Franklin : Penemu Dasar Acuan Struktur DNA





Hari ini, 25 Juli 2013. Google doodle menampilkan Rosalind Franklin dalam rangka merayakan Hari Ulang Tahun Rosalind yang ke 93. Siapakah Rosalind ? mari kita bahas sekelumit.

Rosalind lahir  pada tanggal 25 Juli 1920 di Notting Hill, London. Semasa hidupnya Rosalind bekerja sebagai seorang biofisika dan kristalografer sinar X di King College London dibawah pengawasan Maurice Wilkins, di pekerjaannya itulah dia memberikan kontribusi yang sangat penting bagi pemahaman kita tentang unsur molekul RNA, virus, batubara dan grafit.

Rosalind Franklin


Selama melakukan penelitian DNA, tanpa sengaja Rosalind berhasil mengambil gambar kristalografer sinar X  yang kemudian menunjukkan kepada teman-temannya yang bernama Francis Crick dan James Watson, dua nama terakhir tersebut juga sedang melakukan penelitian untuk menemukan struktur DNA.

Photo 51 by Rosalind Franklin


Gambar yang diberikan Rosalind yang kini dikenal dengan “Photo 51” itulah yang kemudian oleh Francis dan James dijadikan sebagai bahan acuan dasar mereka untuk merumuskan “Hipotesis 1953” tentang struktur DNA yang membawa mereka berdua mendapatkan ganjaran penghargaan Nobel dalam bidang Kimia pada tahun 1962.

Sementara Rosalind tidak mendapatkan apa-apa dari pekerjaannya menemukan dasar acuan struktur DNA tersebut. Rosalind meninggal karena kanker rahim pada bulan April 1958 saat berusia 37 tahun.

Tidak ada komentar: