Senin, 19 Februari 2018

Tutorial PS : Menggabungkan 3 Foto Dalam 1 Frame Dengan Teknik Masking (Part 1)





Melanjutkan posting tutorial sebelumnya, kali ini akan dibahas trik “masking” yang bermanfaat untuk menyatukan beberapa foto dalam 1 frame. Dalam tutorial ini tidak dibahas lagi dasar-dasar Photoshop, dengan kata lain dalam tutorial ini kita anggap semua sudah paham mengenai dasar-dasar photoshop, baik itu mengenai nama tool maupun teknik dasar yang lain.

Langkah pertama adalah kita harus menyiapkan 2 foto atau lebih, dalam tutorial ini akan menggunakan 3 foto yang nantinya akan dijadikan dalam 1 frame. Syarat fotonya adalah dalam proses pengambilan foto, kamera harus dalam posisi yang sama persis, tidak boleh bergerak sedikitpun dalam pengambilan foto ke-1, ke-2 maupun ke-3.



1.   Kita mulai tutorial ini dengan membuka terlebih dahulu program Photoshop, kemudian Open photo yang hendak kita jadikan dalam 1 Frame. Setelah terbuka semua photo tersebut maka seret foto 2 dan 3 ke frame foto 1 sehingga ketiga fotonya menjadi 1 frame.



2.     Langkah selanjutnya adalah seleksi ketiga fotonya hingga indikasi layer pada ketiga foto berwarna biru yang berarti ketiga foto tersebut terpilih semua.



3.     Selanjutnya dalam keadaan ketiga layer foto terseleksi, tekan Align vertical center dan Align horizontal center  untuk memposisikan foto ke tengah sejajar pada semua layer foto  atau bisa juga dengan sekali tekan dengan menekan Distribute horizontal center.
   


4.       Langkah selanjutnya, matikan Indicates layer visibilty pada Layer 1



5.       Kemudian, aktifkan Edit in Quick Mask Mode (C)



6.       Aktifkan layer di Layer 2 kemudian tekan  Add vector mask untuk memulai proses masking.




7.  Gunakan tool Brush, atur ketebalan dan ukuran kuas sesuai keinginan anda. Aturlah Set foreground colour pada warna hitam dan Set background colour pada warna putih. Kemudian perlahan dan hati-hati sapukan kuas pada bidang yang akan dimunculkan gambar layer dibawahnya.



8.   Aktifkan Indicates layer visibilty pada Layer 1, kemudian ulangi langkah ke-5 hingga ke-7 sehingga gambar anak-anak muncul dalam 1 frame. Saat proses menyapu kuas ke bidang foto harus bersih dan tuntas sehingga foto pada Layer 1 dan Layer 2 hanya menyisakan gambar anak dan mobilnya saja, sedangkan dinding dan lantai mengikuti objek pada Layer 3. Serius dan sering dilatih pada proses ini akan menghasilkan foto akhir yang bagus.



9.       Pada akhir proses, Merger semua layer sehingga menjadi satu layer. Kemudian atur image Adjustment untuk memoles kecerahan warna, kontras dan lain sebagainya.





Tidak ada komentar: