Rabu, 07 Februari 2018

Konsep Bisnis ; Work Station For Rent




Uraian Konsep Bisnis “Work Station For Rent”


Jaman yang semakin modern menuntut efektifitas dan efisiensi di semua sektor kehidupan, tidak luput di sektor usaha. Modernitas juga menjadikan suatu pekerjaan tidak memerlukan banyak orang dalam menanganinya. Efektifitas, efisiensi dan kesederhanaan inilah yang membuahkan suatu kesempatan untuk mewadahinya.
Usaha rintisan masih belum perlu memiliki gedung perkantoran yang besar dan lengkap, masih belum perlu memiliki pegawai yang banyak. Cukup satu ruangan sederhana yang dilengkapi meja dan beberapa kursi saja karena pemilik usaha yang masih bisa merangkap sebagai pegawai.
Fenomena diatas membuahkan suatu kesempatan bisnis yang menjanjikan hasil maksimal, kesempatan bisnis untuk menyediakan tempat bagi usaha rintisan untuk berkantor yang bisa disebut sebagai “Work Station”.
Work Station di dalam konsep ini menyediakan beberapa keperluan dasar para usahawan dalam usaha mengembangkan usaha rintisannya, seperti ruangan berpendingin, jaringan listrik, jaringan internet dan WiFi, coffee shop, meeting room, musholla dan area parkir.
Konsep usaha ini memiliki kelebihan dan keunggulan tersendiri, yaitu usaha ini menyediakan jaringan internet dan WiFi dengan kualitas yang bagus, sehingga konsep usaha ini memiliki syarat mutlak yang harus disediakan yaitu harus bermitra dengan penyedia jaringan internet yang bagus sesuai keadaan daerah masing-masing. Kenapa harus menyediakan jaringan internet yang bagus ?, karena di jaman sekarang ini sudah menjadi keharusan sektor usaha untuk bersinergi dengan dunia digital yang memerlukan dukungan internet yang bagus.
Usaha ini dirancang untuk memfasilitasi usaha rintisan dengan beberapa kelas yang berbeda, yaitu non member, regular member (smoking dan no smoking area) dan kelas VIP member. Beberapa kelas tersebut berbeda pada kelengkapan sarana ruangan dan kecepatan internet yang diberikan.
Kelas non member mempunyai konsep untuk menyediakan tempat bagi kalangan yang mempunyai usaha sampingan, istilahnya pegawai kantoran yang ‘curi-curi waktu” untuk mencoba memulai usaha rintisan, atau para mahasiswa yang memberanikan diri memulai usaha rintisan. Di kelas ini, hanya menyediakan satu ruangan berpendingin bebas merokok yang dilengkapi meja panjang beserta kursi tunggal untuk masing-masing pelanggan. Sedangkan layanan internetnya berupa layanan WiFi dengan kecepatan sedang. Pelanggan di kelas non member ini dikenai biaya per jam layanan.
Kelas regular member mempunyai konsep untuk menyediakan tempat bagi kalangan yang memiliki usaha rintisan yang sudah berjalan, namun masih enggan untuk memiliki kantor sendiri. Di kelas ini, disediakan ruangan berpendingin dengan ukuran 3 X 3 meter yang bersekat kaca buram tidak berpintu, ruangan ini dilengkapi dengan 1 meja dan 3 kursi. Kelas ini dibagi menjadi 2 sub-kelas, yaitu sub-kelas smoking area dan no smoking area. Untuk layanan jaringan internetnya disediakan internet dengan kabel UTP dan jaringan WiFi. Jaringan internet dan WiFi untuk kelas ini berbeda satu tingkat dengan kelas non member yang dilengkapi dengan password yang berbeda juga.
Kelas tertinggi adalah kelas VIP member, kelas ini berkonsep ruangan yang privat. Pelanggan dari kelas ini mendapatkan satu ruangan berpendingan berukuran 4 X 4 meter yang bersekat keliling, sehingga tidak terganggu dengan pelanggan lain, ruangan ini dilengkapi 1 meja dan 3 kursi. Untuk layanan jaringan internetnya disediakan internet dengan kabel UTP dan jaringan WiFi. Jaringan internet dan WiFi di kelas ini merupakan jaringan internet dengan kecepatan yang tertinggi dibanding dua kelas dibawahnya.
Dalam konsep usaha ini juga dilengkapi satu ruangan yang dapat digunakan sebagai ruang rapat besar yang dapat menampung 15 peserta rapat. Layanan ini hanya dapat digunakan oleh kelas regular member dan VIP member yang pemakaiannya memerlukan ijin kepada pengelola untuk penertiban jadwal penggunaan ruangan.
Selain fasilitas ruangan dan koneksi internet, konsep usaha ini juga menyediakan dukungan layanan lain yang dapat dipergunakan untuk semua member dari ketiga kelas tersebut, namun biaya layanan ini tidak termasuk dalam tarif langganan semua member. Layanan tersebut adalah coffe shop. Layanan ini bukan khusus diperuntukkan bagi member “work station” ini, melainkan dibuka untuk khalayak umum Pecinta Kopi Asli Indonesia. Selain itu juga disediakan area parkir, toilet dan musholla.
Demikian uraian konsep dan desain usaha “Work Station For Rent” ini, semoga konsep ini dapat diaplikasikan dan disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi di masing-masing tempat, agar kesempatan bisnis yang bagus ini dapat mewadahi keperluan para pegiat usaha rintisan.


Keterangan desain konsep :


: Kelas Non Member

: Kelas Regular Member (smoking area)

: Kelas Regular Member (no smoking area)

: Kelas VIP Member

Tidak ada komentar: