Sabtu, 10 Februari 2018

Konsep BisnisTambal Ban Sepeda Motor ++




Konsep BisnisTambal Ban Sepeda Motor ++

Di jaman sekarang ini, kebutuhan hidup manusia semakin meningkat jumlah maupun ragamnya, sehingga mobilitas untuk memenuhi kebutuhan tersebut juga semakin meningkat. Alat untuk mendukung mobilitas masyarakat yang paling banyak populasinya adalah sepeda motor. Populasi ini meningkat tidak hanya di kota-kota besar, bahkan di pelosok desa juga meningkat. Gejala ini juga diakibatkan adanya kemudahan kredit sepeda motor melalui lembaga pembiayaan yang berusaha menggenjot penjualan mereka.

Menjadi kewajiban bahwa kendaraan roda dua membutuhkan perawatan dan perbaikan, di bagian ban yang menjadi tumpuan terberat sepeda motor sering mengalami kerusakan yang tidak mudah untuk dideteksi. Sering kali saat akan berkendara, pengendara sudah memeriksa kelayakan kendaraannya. Namun, di tengah perjalanan tidak dapat kita tolak saat ban sepeda motor tertusuk duri atau paku yang berserak di jalanan. Kerusakan ban sepeda motor ini tidak tidak dapat diperkirakan sebelumnya tidak seperti halnya kerusakan bagian-bagian yang lain.

Dari kejadian diatas dapat kita tangkap satu kesempatan bisnis yang bisa kembangkan kerangka dan konsepnya. Pada umumnya usaha tambal ban sepeda motor hanyalah sebuah usaha yang sangat sederhana, hanya dibutuhkan sebuah kompresor angin kecil dan satu set alat penambal ban. Kadang kala usaha ini tidak berada di sebuah bangunan, hanya menempel saja pada dinding samping suatu gedung atau bahkan hanya ditempatkan di trotoar atau di pinggir jalan. Kesederhanaan tempat usaha tersebut kadang menjengkelkan pelanggan, karena pelanggan tidak dapat duduk beristirahat setelah mendorong sepeda motornya bermeter-meter jauhnya.

Di konsep bisnis ini, usaha tambal ban sepeda motor ++ menambahkan penyediaan layanan tambahan yang biaya layanan tambahannya terpisah dari biaya tambal ban itu sendiri. Dengan kata lain, pelanggan tambal ban sepeda motor ++ secara tidak sadar kita arahkan untuk menggunakan jasa dan poduk dari layanan tambahan itu.

Usaha tambal ban sepeda motor ++ ini hanya membutuhkan 1 bangunan ruko satu tingkat saja atau bangunan serupa, minimal berukuran 6 x 15 meter. Untuk area pengerjaan tambal ban hanya diperlukan 1/4 dari luasan tempat usaha tersebut. Sedangkan sisanya dipakai untuk area layanan tambahannya. Layanan apa saja yang dapat ditambahkan di usaha tambal ban sepeda motor ini?. Banyak macam layanan yang bisa ditambahkan, disesuaikan dengan kebiasaan dan kegemaran masyarakat sekitar. Di artikel ini kita akan menambahkan layanan yang bersifat umum saja, berikut mari kita ulas beberapa layanan ++nya:

1.       Kedai kopi atau minuman segar lainnya. Pelanggan yang nasibnya kurang beruntung, mungkin telah mendorong sepeda motor dalam keadaan bocor ban sejauh ratusan meter. Di kondisi terik matahari, pelanggan tersebut pasti kelelahan dan kehausan, mungkin kelaparan. Layanan tambahan inilah yang akan mengakomodir kebutuhan pelanggan tersebut selama menunggu perbaikan ban sepeda motornya.

2.       Free karaoke dan WiFi. Sudah menjadi kelaziman bahwa kedai minum menyediakan fasilitas karaoke secara gratis. Fasilitas ini tidak perlu ruangan khusus, cukup di sekitar tempat duduk pelanggan saja disediakan sebuah televisi dan seperangkat audio karaoke dengan kualitas karaoke rumahan. Demikian juga WiFi, tidak perlu yang berkecepatan tinggi. Sediakan saja jaringan internet dengan kecepatan sedang.

3.       Buah potong dingin. Segar dan kenyang, hal itu yang akan dicari setelah pelanggan sampai ke tempat usaha ini setelah mendorong sepeda motornya yang mengalami bocor ban. Layanan tambahan ini sangat sederhana, cukup menyediakan buah yang dipotong dan dimasukkan ke cool case.

Layanan-layanan diatas dapat ditambah atau dikurangi sesuai dengan kondisi dan kebiasaan daerah di mana usaha ini akan didirikan. Semoga dengan penambahan layanan ++ tersebut, bisa menjadi sebuah usaha ekstensifikasi bisnis yang akhirnya dapat menambah pendapatan dan memodernisasi usaha tersebut.

Tidak ada komentar: